aa

Kamis, 21 April 2011

Variasi Usaha Ayam Goreng

Usaha ayam goreng tepung memang menjanjikan karena pasarnya yang besar. Para pelaku usaha makin lama makin banyak. Supaya dapat merebut pasar lebih banyak dan loyal, pelaku usaha harus pintar-pintar mencari cara agar pelanggan selalu kembali.

Oleh: Yuyun Anwar
Konsultan dan Penulis Buku Kuliner Indonesia

Usaha yang satu ini memang layak dicoba oleh pelaku usaha pemula karena teknologi pembuatan ayam goreng sangat mudah dan bisa dilakukan dengan biaya murah. Cara penyajian fastfood (cepat saji) dapat diusung dalam bentuk mini di counter gerobak, tentu saja agar lebih indah dengan melakukan modifikasi gerobak. Pembuatan tepung dan marinasi ayam bisa dilakukan dari dapur tidak diperlukan mesin teknologi tinggi. Apalagi tidak banyak waste atau sisa yang terbuang. Dibanding makanan segar di warung (jika tidak terjual maka basi dan dibuang) maka ayam goreng ini lebih terkendali penjualannya karena proses pembuatan yang cepat dan siap saji pada saat konsumen datang.

Salah satu cara mengikat pelanggan adalah dengan membuat variasi menu maupun tampilan. Menu semacam karage, chicken strip, chicken yakiniku atau berbagai penambahan rasa bumbu bisa menjadi salah ide agar usaha ini tetap berjalan. Kulit ayam yang pada banyak bagian tidak terpakai, bisa dikumpulkan, diberi tepung, dan digoreng. Kulit ayam goreng ini juga disukai. Sebaiknya, menu tambahan seperti kulit ayam goreng dikemas terpisah.

Promosi untuk variasi menu harus disampaikan. Cara penyampaiannya tidak dengan beriklan meski itu bisa dilakukan. Membagi brosur kepada pelanggan adalah cara paling efektif. Letakkan contoh menu baru itu pada etalase supaya orang segera dapat melihat. Jika perlu, berikan icip-icip kepada pelanggan. Potong kecil-kecil supaya mereka dapat mencoba. Jangan lupa, tanyakan reaksi pelanggan atas icip-icip itu. Biasanya mereka akan member apresiasi sederhana. Paling tidak, ketika pelanggan mengatakan enak, harus dikejar dengan pertanyaan lain. Misalnya, terlalu asinkah, kurang keringkah, atau kurang gurihkah? Jika mendapat pertanyaan seperti itu biasanya mereka yang mengincip mau member komentar lebih panjang. Seringkali komentar mereka bisa menjadi masukan berharga.

Ada juga pedagang gerobak yang member variasi dengan menambahkan paket nasi, burger, dan beberapa minuman lainnya. Paket nasi sebenarnya menjadi pilihan yang mudah karena tinggal menyiapkan nasi yang selalu hangat. Dengan menambah nasi, usaha ayam goreng tepung ini menjadi paket makan yang istimewa. Apalagi jika disertakan minuman yang praktis, misalnya teh gelas. Jika prospek paket nasi semacam ini cukup bagus, itu berarti membuka peluang baru usaha teh gelas. Hm… sepertinya celah untuk menjadi pengusaha sedikit demi sedikit terbuka.

Usaha semacam ini tidak memerlukan tempat khusus asal dekat dengan konsumen. Sekolah dan kampus adalah tempat yang ideal selain perumahan. Harga jual yang terjangkau, rasa yang enak, dan porsi besar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa dan mahasiswa. Jika akan berjualan di sekolah atau kampus, penentuan harga jual selain dihitung dari ongkos produksi, juga disesuaikan dengan rata-rata uang saku konsumen.

Aneka Olahan Ayam
Setelah melihat bahan yang diperlukan pada tabel, berikut adalah cara membuat variasi ayam goreng krispi. Gulingkan ayam marinasi dingin pada tepung predust. Celupkan ke dalam tepung celup, angkat dan gulingkan pada tepung breader.

Angkat, celup sekali lagi ke dalam tepung celup, gulingkan kembali dalam tepung breader. Tutup rata sambil ditekan sedikit agar tepung menempel. Segera goreng dalam minyak penuh selama 5-7 menit. Angkat. Sajikan.

Cara Membuat chicken strip. Potong dada ayam memanjang 4-5 cm setebal 2 cm. Rendam dalam bumbu marinasi semalam dalam lemari es. Angkat. Gulingkan pada tepung predust, lalu celupkan dalam adonan tepung celup.

Sekali lagi, gulingkan pada tepung roti. Rapikan. Goreng dalam minyak panas sampai mengapung selama 3-5 menit. Angkat sajikan.

Cara membuat chicken hot wings. Campur bumbu marinasi dengan menggunakan blender. Rendam sayap ayam yang sudah dipotong menjadi dua bagian semalam di kulkas. Siapkan pengukus.
Kukus sayap ayam 10 menit. Angkat dan dinginkan. Sayap ayam siap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar