aa

Kamis, 21 April 2011

Memulai Usaha Tepung Bumbu

Usaha Tepung Bumbu bisa dimulai dari dapur sesuai dengan omzet yang ditetapkan. Untuk permulaan dengan menggunakan peralatan dapur sederhana dan mesin sealer manual, usaha ini segera bisa dimulai. 

Cara memulainya dengan membuat satu atau dua produk tepung instan berbumbu dengan rasa yang paling digemari. Misalnya ayam tepung bumbu tradisional atau tepung bumbu super pedas. Tentukan siapa yang akan membeli ayam bumbu instan yang akan dijual. Misalnya ibu rumah tangga skala menengah bawah, sehingga harganya harus terjangkau. Untuk tahap awal bisa melakukan eksperimen bertahap sehingga dicapai resep yang tepat.

Campur semua bahan tepung yang ada dalam tabel, bumbu, dan bahan lainnya menjadi satu. Gunakan sendok atau mixer penggaduk agar adonan rata. Kemas dalam kantong plastik yang sudah disablon atau di printing dengan berat sesuai dengan yang dikehendaki. Gunakan sendok khusus sehingga tidak ada tepung berhamburan di bagian ujung seal plastik karena akan mempersulit saat sealing (plastik terkena tepung tidak mudah lengket oleh panas, terhalang tepung). Kemas satu per satu sampai semua adonan habis. Tepung bumbu instan siap dijual.

Cara pemakaian tepung bumbu instan bumbu kuning. Campurkan 50 gram tepung bumbu instan bumbu kuning dengan 100 ml air dingin. Aduk sampai rata.

Siapkan ayam 500 gram yang sudah dipotong-potong. Lalu celupkan satu persatu, goreng dalam minyak panas sampai kecokelatan. Selain ayam bisa juga digunakan untuk melapisi tempe, ikan, tahu, cumi, dan lauk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar